Posted in Prestasi Mahasiswa, Wirausaha

Marlina, Mahasiswi Stiekia Pebisnis Muda

Marlina, Mahasiswi Stiekia Pebisnis Muda
Berkiprahlah Selagi Masih Muda dan Sanggup Menjalankan
Selasa, 17 November 2015

marlina/blokBojonegoro
marlina/blokBojonegoro

BERBISNIS tidak harus langsung besar, jiwa bisnis yang melekat terkadang membuat orang tak ingin berhenti untuk terus eksis, hal itu yang dirasakan Siti Marlina (22), warga Desa Kauman, Kecamatan Bojonegoro, Kabupaten Bojonegoro. Mulai dari satu bisnis kini berkembang menjadi enam bisnis di Bojonegoro.

Terlintas memang sulit dipercaya, diusianya yang masih muda ia mampu memegang banyak bisnis di kota ledre ini, mulai dari terjun diusaha lembaga kursus, penjualan tiket kereta api dan pesawat, jual beli kulit kambing dan sapi, serta yang terakhir baru dirintis yakni mendirikan kedai yang diberi nama kedai ‘Kayu Wangi’ di Jalan Ahmad Yani.

Setiap merintis usaha tersebut, tak jauh dari yang namanya jatuh bangun, ia pun juga sudah mengalami masa-masa itu. Namun hal itu tak menyurutkan hatinya untuk terus berbisnis. “Awal memulai pasti tidak semudah membalikan telapak tangan, harus merasakan susah,” ujarnya.

Setiap manusia pasti memiliki cara tersendiri untuk bertahan hidup dan mendapatkan materi, seperti usaha jual beli kulit kambing dan sapi ini, dilihat lebih menonjol dari bisnis yang digelutinya. Usaha yang lebih awal digeluti mertuanya selama 10 tahun, telah mendorong Marlina untuk mendirikan sendiri. Pasalnya, ia yakin kalau minimnya pengusaha jual beli kulit kambing dan sapi di Bojonegoro membuatnya memiliki pemikiran kalau bisnis tersebut memberikan peluang besar.

“Hal itu terbukti bahwa keuntungan berlipat bisa didapat dari bisnis ini (jual beli kambing, Red),” ungkapnya.

Dari kulit-kulit kambing itu sebenarnya bisa diproses menjadi sepatu kulit, dompet kulit, dan jaket kulit, serta jika diekspor pun juga bisa terjual mahal. Namun secara prosesnya Marliana ini memang belum mampu mendalami, untuk saat ini ia hanya membeli kulit-kulit dari jagal di Bojonegoro kemudian dikumpulkan di rumah, setelah satu minggu dan terkumpul banyak baru kulit-kulit tersebut dikirim ke pengepul yang ada di Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

“Setelah di Blora barulah diproses dijadikan barang jadi di salah satu pabrik di Pati,” imbuh perempuan berparas cantik ini.

Dalam waktu satu minggu, di rumah Marlina, kulit-kulit tersebut juga diperlakukan khusus agar bulu-bulunya tidak rontok. Marlina pun bercerita, setiap kali mendapatkan kulit dari jagal maka kulit tersebut langsung dilebarkan dan ditaburi garam, kemudian baru dilipat dan di tumpuk berjajar ke atas, hingga membentuk gunungan kulit kambing.

“Biasanya saya menjual Rp55.000 per lembar pada pengepul di Blora,” tandas istri Puryono ini.

Untuk setiap harinya, ia mengaku mampu mengumpulkan 60 lembar kulit kambing dan sapi, dikirim ke Blora setiap satu minggu sekali, namun kalau hari raya idul adha bisa mendapatkan sekitar 2.500 sampai 3000 lembar kulit kambing per harinya.

“Saya rasa bisnis ini tak ada matinya, malahan membawa peluang banyak. Seperti setiap bulan pasti ada yang membeli kambing untuk aqiqoh,” ujar perempuan yang kebetulan juga mahasiswi baru di STIE Cendekia Bojonegoro jurusan manajeman ini.

Tak hanya itu saja, ia juga baru-baru ini sekitar tiga bulan telah merintis bisnis kedai. Kedai itu diberi nama kedai ‘Kayu Wangi’. Karena melihat peluang di Bojonegoro membuatnya mencoba mendalami bisnis semacam resto dan kafe. Beragam trik dan fasilitas juga diperhatikan, karena ia tak mau setengah-setengah dalam berbisnis.

Meski diusianya yang masih muda, Marlina sudah mampu menjalani dan menjaga setiap bisnis yang ia geluti. Dan perasaan puas juga nampak dihatinya sehingga terkadang membuat teman-teman di sekitarnya bangga.

“Berkipralah selagi kita masih muda dan sanggup untuk menjalankan,” akhir Marliana. [ifa/mu]

http://blokbojonegoro.com/read/article/20151117/berkipralah-selagi-masih-muda-dan-sanggup-menjalankan.html

Advertisements

Author:

Cah Jonegoro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s