Posted in Aktivitas di STIEKIA, Mahasiswa STIEKIA

Ratusan Mahasiswa STIEKIA Hadiri Seminar BKKBN

Ratusan Mahasiswa STIEKIA Bojonegoro Hadiri Seminar BKKBN
Selasa, 24 November 2015

seminar bkkbn/blokBojonegoro
seminar bkkbn/blokBojonegoro

RATUSAN mahasiswa perwakilan dari berbagai kampus di Kabupaten Bojonegoro berkumpul untuk mengikuti seminar “Population Goes to Campus Kabupaten Bojonegoro Tahun 2015″ yang digelar oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Selasa (24/11/2105). Acara digelar di halaman Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Cendekia di Jalan Veteran Kota Bojonegoro.

Acara yang bertemakan ‘Menggalang Komitmen para Akademisi dalam Pembangunan Berwawasan Kependudukan’ itu berlangsung meriah. Selain diikuti oleh mahasiswa STIE Cendekia, juga hadir mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi di Kabupaten Bojonegoro, seperti STIKES ICSADA, IKIP, UNIGORO, STAI Sunan Giri, STAI Attanwir, Akes Rajekwesi, Akademi Komunitas dan lain-lain. Kegiatan tersebut juga bekerjasama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Bojonegoro (ASPERTIB).

Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Nyigit Wudi Amini menjelaskan materi tentang kerangka pikir hubungan kependudukan dan pembangunan. Dijelaskan masalah situasi secara umum kependudukan Indonesia. “Ketetapan data penduduk sangat diperlukan agar kebijakan dan program pembangunan tepat sasaran,” ungkapnya.

Rektor STIE Cendekia yang turut menjadi Nasarasumber dalam acara, Tri Suwarno mengatakan seminar digelar agar para pemuda yang ada di Bojonegoro memahami pembangunan berwawasan kependudukan untuk menuju Bojonegoro yang sehat, produktif, dan bahagia. “Diadakannya seminar ini diharapkan bisa mengurangi nikah di usia muda dari kalangan pelajar,” imbuhnya.

Terpisah, beberapa mahasiswa bertanya mengenai program yang diterapkan BKKBN. Seperti yang disampaikan mahasiswa IKIP PGRI Bojonegoro, ia bertanya bagaimana cara BKKBN menyukseskan program tentang dua anak cukup yang berlawanan arah dengan prinsip yang sudah berjalan dalam kehidupan bermasyarakat bahwa banyak anak banyak rezeki.

“Sebab itu sudah prinsip turun temurun dan susah untuk dihilangkan?,” tanya Ainur di hadapan ratusan peserta yang hadir.

Sebelum acara seminar dilakukan, terlebih dahulu tim dari BKKBN melakukan pelantikan kepengurusan baru Koalisis Muda Kependudukan Cabang Bojonegoro. [ifa/lis]

Bentuk KMK, Pemuda Perlu Perencanaan

Koalisi Muda Kependudukan (KMK) Kabupaten Bojonegoro, resmi dilantik di halaman STIE Cendekia, Selasa (24/11/2015). Hal itu dilakukan untuk menyiapkan pemuda, sebelum kejenjang pernikahan.

Ketua KMK Kabupaten Bojonegoro, Iwan Zuhdi mengungkapkan, adanya pembentukan KMK ini sangatlah bagus karena menjadi kepanjang tanganan Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Bojonegoro.

“Gerakannya KMK membuat pemuda atau generasi muda mempunyai perencanaan dalam kehidupannya. Selain itu juga mengajak atau advokasi ke semua generasi muda, khususnya pemuda yang di Bojonegoro agar mempunyai pola hidup terencana,” jelas pria yang juga pengurus KMK Provinsi Jawa Timur itu.

Menurutnya, sebanyak 22 pengurus KMK Kabupaten Bojonegoro, diambil dari dua delegasi dari perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Para pengurus dilantik langsung oleh ketua Ketua Koalisi Kependudukan Bojonegoro, Noor Djohar. Setelah pelantikan dirangkai dengan acara seminar tentang KMK.
“Sehingga para pemuda di Bojonegoro, memiliki pola pemikiran prestasi dulu baru menikah,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua penyelenggara dari BPPKB, Umi Rahmawati menjelaskan, KMK ini baru terbentuk di Kabupaten Bojonegoro saja, sedangkan di Kabupaten/Kota lainnya belum terbentuk. Sehingga acara pelantikan juga dihadiri BKKBN Provinsi Jawa Timur, Nyingit Wudi Amini.

Supaya generasi muda khususnya mahasiswa, bisa menanggulangi dirinya, dan tidak menjadi sasaran empuk pengusaha untuk mencari kepuasan diri ataupun orang yang banyak uang.

“Generasi muda harus sadar, agar masa depan cerah dan juga harus paham tentang pentingnya adanya pengontrolan diri. Supaya tidak menikah diusia dini,” pungkas wanita 40 tahun itu. [zid/mu]

http://blokbojonegoro.com/read/article/20151124/ratusan-mahasiswa-bojonegoro-hadiri-seminar-bkkbn.html
http://blokbojonegoro.com/read/article/20151124/bentuk-kmk-pemuda-perlu-perencanaan.html

Advertisements

Author:

Cah Jonegoro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s