Posted in Oskasa

STIE Cendekia Gelar Expo saat OSKASA

STIE Cendekia Gelar Expo saat OSKASA
Sabtu, 27 Agustus 2016

oskasa stiekia 2016
oskasa stiekia 2016

MAHASISWA Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojonegoro (STIEKIA) menggelar acara OSKASA (Orientasi mahasiswa dan keakraban antar sivitas akademika) selama tiga hari, 26-28 Agustus 2016. Kegiatan OSKASA ini digelar kepada mahasiswa baru untuk pengenalan kampus.

Ketika pembukaan OSKASA, Ketua STIEKIA, Tri Suwarno mengucapkan selamat datang kepada mahasiswa baru. “Selamat datang semuanya, selamat bergabung dengan keluarga besar STIE Cendekia Bojonegoro,” ujar Pak Tri, pangilan akrabnya saat menyambut mahasiswa baru.

OSKASA kali ini berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ditahun ini mahasiswa baru diberikan acara Expo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari UKM yang sudah ada di Bojonegoro. Hal ini dilakukan agar mahasiswa baru bisa mengenal dan mengikuti UKM yang sudah ada dan diharapkan bisa aktif di UKM.

“Kali ini kita lebih meningkatkan UKM, agar bisa meningkatkan kretifitas dari mahasiswa yang mengikuti,” kata salah satu dosen yang merupakan panitia acara, Ahmad Syaifurreza.

Sementara itu, terlihat dari pantauan blokBojonegoro.com di lapangan, ratusan mahasiswa yang mengikut OSKASA sangat menikmati acara demi acara dengan didampingi fasilitator masing-masing. Ketika mengunjungi Expo juga tampak semagat yang luar biasa. Apalagi acara juga dihibur dengan band cafe lokal, Ecelips yang merupakan persembahan dari UKM Musik For Cendekia (Mufors). [ifa/mad] Reporter: Maratus Shofifah.*

Oskasa STIEKIA Berbeda

oskasa stiekia 2016
oskasa stiekia 2016

Orientasi Study dan Pengenalan Kampus (Ospek) sudah menjadi hal yang wajib bagi setiap perguruan tinggi saat masuk tahun ajaran baru, yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa kepada kampus. Ospek di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojonegoro disebut dengan OSKASA (Orientasi Studi dan Keakraban Mahasiswa). Oskasa di STIEKIA dilaksanakan pada tanggal 26 sampai 28 Agustus 2016, peserta yang mengikuti kurang lebih sekitar 100 mahasiswa baru.

Oskasa di tahun ini sedikit berbeda dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya yang hanya mengadakan expo di depan panggung kecil dan outbond didalam kampus (indoor) saja. Oskasa di tahun 2016 dalam rangkaian acaranya diisi dengan expo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan outbond keluar kampus. Pada hari pertama diisi dengan perkenalan tentang kampus dan kelembagaan. Mahasiswa diberi materi dari beberapa dosen mengenai motivasi-motivasi.

Expo UKM yang dilaksanakan pada hari kedua Oskasa ini diharapkan seluruh mahasiswa baru bisa mengenal kegiatan extra kampus.

Kegiatan dibuka langsung oleh Ketua STIEKIA Tri Suwarno, SH, MM. Dalam sambutannya beliau mengatakan, jika UKM ada untuk menampung kreatifitas-kreatifitas mahasiswa. “Di tahun ini pengenalan UKM dibuat sedikit berbeda, setelah adanya expo ini semoga UKM bisa berjalan dengan baik dan semakin sukses ke depannya,” jelasnya bersamaan dengan pemotongan pita dan pelepasan balon di udara.

Peserta yang mengikuti expo tampak sangat antusias, selain itu semua Ketua UKM memaparkan organisasi masing-masing. Tampak lebih meriah lagi saat UKM Mufors mendatangkan bintang tamu eclips menghibur peserta Oskasa dan membawakan lagu aliran pop baru.

Hari terakhir Oskasa dilaksanakan di luar kampus (outbound) yakni bertempat di Desa Mojo Kecamatan Kalitidu Bojonegoro. Peserta berangkat dari kampus sekitar pukul 06.30 dengan menggunakan truk Kodim dan truk milik Kepolisian, sampai di lokasi outbound semua peserta langsung diarahkan ke lapangan Mojo untuk selanjutnya mengikuti kegiatan yang menarik dan penuh pembelajaran serta kerjasama tim.

Selain outbound, mahasiswa baru diajak berkunjung ke wisata kebun belimbing dan wisata “Perahu Cinta” di desa setempat. Setelah itu acara dilanjut dengan pentas seni yang bertempat di sebelah lapangan outbound. Disitu setiap kelompok diwajibkan menampilkan kreatifitas mereka. Hal itu dilakukan untuk menggali kemampuan yang dimiliki para mahasiswa.

Penutupan acara Oskasa dilakukan pada pukul 16.00 WIB yang langsung dipimpin oleh Ketua STIEKIA. “Dengan diadakannya Oskasa ini mahasiswa bisa mengenal kampus lebih dalam lagi dan saya ucapkan selamat datang dan selamat bergabung di kampus STIE CENDEKIA Bojonegoro. Berani maju semakin cerdas, lampaui batas maksimalmu,” ujar Pak Tri saat menutup sambutannya yang diikuti gemuruh tepuk tangan mahasiswa baru.(*) Reporter: Ahmad Shofiyul Anwar.

Sumber: Cendekia Media (C-Media) Edisi-2/2016 Halaman 11.
http://blokbojonegoro.com/read/article/20160827/stiie-cendekia-gelar-expo-saat-oskasa.html

Advertisements

Author:

Cah Jonegoro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s